Sistem Pendingin
Panas
yang diserap ini harus dibuang juga keluar agar panas mesin tidak berlebilan
(over heating), sebab panas yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada
kerja mesin dan menyebabkan kerusakan yang fatal.
Untuk mengatasi hal tersebut, maka
mesin dilengkapi dengan sistem pendinginan.
Pada mesin yang
berputar pasti akan timbul panas pada komponen mesin, akan tetapi tidak semua
energi panas yang dihasilkan dirubah menjadi tenaga mesin, hanya sekitar 25%
yang terserap menjadi tenaga mesin, sekitar 45% hilang saat gas buang, atau
gesekan, sekitar 30% diserap oleh mesin itu sendiri, panas yang diserap tadi
harus segera dilepaskan, sebab kalau tidak ini biasa
mengakibatkan panas yang belebihan dan mengakibatkan kerusakan pada
mesin. Untuk itu perlu dipasang system pendingin untuk membantu mendinginkan
mesin, system pendinginan bias menggunakan pendingin udara, atau untuk mesin
modern sekarang banyak menggunakan system pendingin air.
Pada system pendingin air memiliki konstruksi ynag lebih rumit
disbanding pendingin udara, akan tetapi memilik banyak kelebihan disbanding
pendingin udara, diantaranya mesin menjadi relative aman karena disekeliling
silinder dikelilingi oleh air pendingin, air juga bias meredam bunyi yang
belebihan dalam mesin, dan air juga bisa dijadikan pemanas ruangan didalam
ruang kemudi (khusus di Negara yang memiliki musim dingin)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar